Jangan Keliru, Cek 5 Hal Ini Sebelum Beli Susu Formula untuk Si Kecil

Jangan Keliru, Cek 5 Hal Ini Sebelum Beli Susu Formula untuk Si Kecil

Kesehatan dan tumbuh kembang sang buah hati merupakan hal utama yang harus diperhatikan. Untuk itu susu formula mampu menjadi salah satu asupan penting bagi si kecil jika ASI tidak keluar. Nah demi menghindari keteledoran yang bisa membahayakan sang buah hati, berikut merupakan beberapa hal yang perlu Anda periksa sebelum membelinya.

1. Pastikan Produk Sudah Terdaftar di BPOM RI

Sebelum membelinya pastikan terlebih dahulu jika produk tersebut sudah terdapat label Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia pada bagian depan kemasan produk. Adanya label BPOM RI sendiri mampu memberikan jaminan jika produk tersebut aman dikonsumsi dan terbebas dari bakteri jahat seperti Enterobacter Sakazakii.

Selain itu Anda juga bisa mengecek, apakah produk yang hendak dibeli sudah terdaftar di BPOM RI atau belum melalui situs resmi BPOM RI. Anda bisa mengaksesnya di cekbpom.pom.go.id pastikan nomor registrasi yang tertera pada kemasan, apakah sama dengan yang tercantum pada kode BPOM RI atau tidak.

2. Baca Label Jenis pada Produk

Satu merek produk dapat memiliki beragam jenis yang bisa disesuaikan dengan kondisi si kecil. Mulai dari rendah laktosa, soya, dan sapi yang paling umum dijumpai. Setiap jenis juga memiliki manfaat yang berbeda. Jadi Anda harus lebih teliti dengan produk yang hendak dibeli. Meski sudah menemukan merek yang sesuai, jangan lupa untuk cek kembali label jenisnya.

3. Perhatikan Batasan Usia yang Tertera

Penting juga untuk memastikan apakah produk yang akan dibeli sesuai dengan usia sang buah hati atau tidak. Biasanya terbagi dalam 3 rentan usia yakni untuk bayi 0-6 bulan, 6-12 bulan, atau 1-3 tahun. Produk di setiap rentan usia juga memiliki kandungan nutrisi yang berbeda sesuai dengan tumbuh kembang dan nutrisi yang dibutuhkan oleh sang buah hati.

4. Periksa Keutuhan Kemasan Produk

Setelah memperhatikan jenis dan rentang usia, jangan lupa untuk memeriksa keutuhan kemasan produknya ya. Pastikan kemasan produk dan aluminium foil tidak sobek ataupun berlubang. Pastikan juga kemasan kaleng tidak penyok dan berkarat.

Kemasan yang tidak utuh dapat menjadi indikasi jika produk tersebut tidak layak untuk dikonsumsi. Selain itu setiap produk juga memiliki batas maksimal konsumsi setelah kemasan dibuka. Jadi jangan pernah membeli produk yang kemasannya sudah rusak, kusam, atau menggembung.

5. Pastikan Batas Kadaluwarsa

Selian beberapa hal di atas, jangan lupa untuk memeriksa batas kadaluwarsa. Jika Anda teledor, hal ini bisa membahayakan keselamatan si kecil. Jika bayi mengonsumsi produk kedaluwarsa, maka si kecil akan keracunan makanan. Tak hanya itu saja, pastikan juga untuk memperhatikan teksturnya. Apakah sudah menggumpal, berubah warna, atau berbau.

Itu dia beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli susu formula untuk sang buah hati. Bahkan kini Anda juga bisa membelinya secara online di toko perlengkapan bayi orami.co.id. Ada banyak sekali kebutuhan dan perlengkapan bayi yang bisa Anda temukan di sana dengan harga menarik.

Releated

4 Pilihan Terapi Anak Terlambat Bicara

4 Pilihan Terapi Anak Terlambat Bicara

Kebanyakan orang tua mengeluh tentang anak-anak mereka terlambat dalam berbicara. Secara umum, hal itu dapat disebabkan kurangnya komunikasi dari orang tua. Karena itu, anak memerlukan stimulasi dari orang tua untuk mendukung perkembangan mereka. Berikut ini tips yang dapat Anda lakukan untuk merangsang stimulan pada anak terlambat bicara. 1. Belajar Melalui Musik Mendengarkan musik dapat menjadi […]

Kurus? Stop Mengeluh! Ini Nutrisi yang Membuat Anak Gemuk

Kurus? Stop Mengeluh! Ini Nutrisi yang Membuat Anak Gemuk

Gemuk umumnya menjadi indikasi anak sehat, meskipun tidak seratus persen. Orang tua kebanyakan akan bahagia jika melihat Anaknya makan dengan lahap daripada yang sulit makan. Pada usia kanak-kanak, makan yang semangat akan membuat pertumbuhan Anak baik. Di sekitar Anda mungkin bisa dilihat ketika Anak sulit makan, kebetulan posturnya juga kecil kurus, terkadang mudah sakit. Namun, […]

shares