5 Dampak Tidak Ganti Oli Mobil yang Harus Anda Waspadai

5 Dampak Tidak Ganti Oli Mobil yang Harus Anda Waspadai

Sebelum anda memutuskan membeli mobil maka sistem perawatan dasar memang harus anda pahami dengan baik salah satunya dalam komponen mesin yang erat kaitanya dengan oli mobil ini.

Ganti oli mobil adalah hal yang wajib anda lakukan meskipun tidak sering, kondisi ini juga terkadang membuat banyak orang lali, apalagi di dalam mobil anda tidak ada kertas pencatatan kapan anda mengganti oli lagi setelah sekian lama menggunakan mobil anda kemana mana dengan memakan jarak tempuh yang lumayan panjang.

Mungkin bagi yang punya mobil baru keluaran langsung dari dealer akan tertib melakukan proses ganti oli ini. Akan tetapi berbeda ketika anda membeli bekas.

Dan, salah satu yang patut anda pertanyakan ketika membeli mobil bekas juga kepada pemilik lama mengenai riwayat penggantian olinya sehingga anda akan lebih siap dan paham kapan harus ganti oli demi mempertahankan kualitas mesin tetap baik dan tahan lama.

Ok sekarang kita akan coba bahas dengan singkat mengenai beberapa dampak yang akan terjadi jika anda tidak pernah mengganti oli mobil anda dalam jangka waktu lama.

  1. Mesin mobil anda akan cepat kepanasan ( overheating )

Namanya oli atau pelumas yang tidak lain keberadaanya memiliki peran sebagai pendingin mesin setelah di nyalakan berjam jam misalkan. Sederhanya saja, jika pelumas ini dalam kondisi bagus, kemudian jumlahnya masih normal maka akan bisa memberikan efek pada proses pendinginan mesin menjadi semakin baik.

Dan sebaliknya, jika oli mesin sudah menghitam kemudian volume nya menurun dari batas normal maka secara langsung akan memberikan efek pada performa mesin mobil secara keseluruhan yang menyebabka kap pada mesin cepat sekali panas.

Apabila ini anda biarkan terus menerus maka akan merembet pada rusaknya beberapa komponen penting seperti silender akan melengkung karena kepanasan terus dan ujung ujungnya harus diganti dengan menelan kerugian semakin besar.

  1. Berdampak pada penurunan kinerja mesin mobil anda

Ini yang terkadang jarang orang merasakanya, banyak mobil tahunya masih baru namun dari sisi performa kalah jauh dengan mobil tua. Salah satu penyebabnya adalah dari sisi perawatan termasuk tidak pernah dan jarang mengganti oli mesin.

Kondisi ini akan cepat seklai dirasakan oleh seorang pengemudi yang sudah lama menggunakan mobil, ketika digas mobil tidak sekencang tarikan aslinya.

Maka dari itu, anda harus sangat memperhatikan kapan waktu yang tepat mengganti oli mobil anda, toh harga ganti oli sekarang ini tidaklah malah masih dibwah 500 ribu saja.

  1. Boros penggunaan bahan bakar

Ini juga akan menjadi salah satu dampak jangka panjang jika anda mengabaikan penggantian oli secara teratur. Sederhananya sebuah mobil yang berjalan membutuhkan pelumas, kemudian tiba tiba pelumas tidak berfungsi dengan baik dalam posisi mesin menyala maka akan secara tidak langsung memberikan dampak pada kinerja mesin semakin berat.

Kinerja mesin yang berat ini lama kelamaan akan menimbulkan gesekan sehingga mesin suaranya terdengar kasar dan akan berpengaruh pada borosnya penggunaan BBM.

  1. Rusakanya komponen mesin lainya

Jangan pernah sepelakan ganti oli, dampak paling serius yang akan terjadi adalah rusaknya semua komponen mesin lain seperti berkarat, kemudian aus karena suhu panas di kap mobil yang terus meningkat.

Kurangnya fungsi dari pelumas inilah yang menjadi biang kerusakan pada beberapa komponen tambahan lainya sangat masuk akal memang. Dan ketika sudah rusak pada bagian mesin maka jangan tanya dari sisi biaya bisa sampai puluhan juta tergantung juga jenis mobilnya.

Khusus anda yang tinggal di kota kota besar sekarang ini sangat mudah sekali dalam melakukan proses penggantian oli, seperti ganti oli jakarta, kemudian di bandung dan kota lainya sudah bisa anda panggil kapan saja ke rumah anda karena banyak layanan ganti oli secara online dan ini bisa anda manfaatkan bagi yang tidak memiliki waktu luang.

  1. Turun mesin

Tentu anda sering mendengar kalimat ini, turun mesin adalah bagian terparah dalam sisitem kerusakan mobil dan salah satu penyebab utamanya adalah karena kebanyakan orang tidak pernah sama sekali mengecek kualitas oli mobilnya sampai dengan menggantinya.

Jika sudah turun mesin untuk mengembalikan dalam kondisi normal bisa jadi harganya sama dengan harga asli mobil anda saat ini.

Artikel ini saya rasa sudah cukup untuk memberikan edukasi sederhana bagi kita semua yang sampai sekarang tidak memperhatikan kondisi oli mobil semoga bermanfaat.

Releated

Cara Memilih Bengkel AC Mobil Profesional, Awas Jangan Asal

Cara Memilih Bengkel AC Mobil Profesional, Awas Jangan Asal

Ketika AC pada mobil sudah tidak bekerja dengan semestinya memang pasti sudah terjadi masalah didalamnya bukan? untuk mengatasi masalah tersebut maka Anda bisa langsung membawanya ke bengkel AC mobil. Pastikan anda memilih bengkel yang berpengalaman dan tidak hanya asal didalam memilih agar AC pada mobil bisa teratasi dengan baik. Seperti yang telah kita ketahui, keberadaan […]

Penampilan Toyota Calya Tipe G

Apa Iya Harga Mobil Calya Paling Murah? Yuk, Intip Harga Calya Terbaru

Demi mewujudkan mimpi masyarakat Indonesia dalam memiliki mobil MPV yang murah, Toyota meluncurkan produk terbarunya yaitu Toyota Calya. Toyota Calya pertama kali diluncurkan pada Agustus 2016. Peluncuran mobil ini sangat menarik atensi masyarakat. Atensi ini terjadi karena harga mobil Calya murah, bahkan yang paling murah diantara mobil MPV keluaran Toyota. Meskipun paling murah, mobil Calya […]

shares