4 Pilihan Terapi Anak Terlambat Bicara

4 Pilihan Terapi Anak Terlambat Bicara

Kebanyakan orang tua mengeluh tentang anak-anak mereka terlambat dalam berbicara. Secara umum, hal itu dapat disebabkan kurangnya komunikasi dari orang tua. Karena itu, anak memerlukan stimulasi dari orang tua untuk mendukung perkembangan mereka. Berikut ini tips yang dapat Anda lakukan untuk merangsang stimulan pada anak terlambat bicara.

1. Belajar Melalui Musik

Mendengarkan musik dapat menjadi langkah terapi yang baik untuk anak-anak dengan masalah keterlambatan berbicara. Jika anak tertarik, anak akan mencoba meniru bahasa, gerakan, dan isyarat. Metode ini sebenarnya cukup menarik dan efektif untuk terapi penyembuhan. Bahkan ketika musik dimatikan, anak-anak cenderung bernyanyi dan menari sendiri.

2. Mengajarkan Bahasa Isyarat

Anak-anak yang terlambat berbicara memang harus terlebih dahulu diajari bahasa isyarat, yang nantinya bisa mewakili kosa kata. Anak-anak dengan keterlambatan bicara mudah marah oleh kesulitan komunikasi, yang membuatnya sulit untuk memenuhi keinginan mereka. Untuk alasan ini, orang tua harus tahu bagaimana menghadapi anak-anak yang suka marah-marah.

Mungkin bahasa isyarat akan sulit dipahami anak pada awalnya. Tetapi setelah beberapa waktu, anak akan mengerti dan mulai berlatih berbicara. Anda dapat membuat daftar bahasa isyarat yang digunakan untuk beberapa hal yang mungkin sering dibutuhkan anak-anak. Jangan lupa untuk selalu mengucapkan kosakata Anda dengan jelas saat memasukkan bahasa isyarat.

3. Sering Berkomunikasi dengan Anak

Sebagai orang tua, cobalah untuk sering berkomunikasi dengan anak-anak Anda. Ini dapat dimulai dengan mengajukan pertanyaan secara berkala untuk secara tidak langsung memicu minat anak-anak dalam kegiatan ini. Sebagai permulaan, mungkin mulai dengan mengajukan pertanyaan umum seperti “Siapa namamu?”, “Berapa umurmu?” dan masih banyak lagi.

Anda bahkan dapat menambahkan kata-kata manis pada pertanyaan yang Anda ajukan untuk membuat anak Anda lebih tertarik mendengarnya. Mungkin anak itu tidak bisa menjawabnya dengan baik, tetapi dia akan senang dan terpancing untuk berbicara. Semakin sering Anda mengajak anak Anda berkomunikasi, hasilnya akan semakin bagus.

4. Berbicara Lambat Kepada Anak

Banyak orang tua yang tidak menyadari kalau berbicara terlalu cepat kepada anak di bawah usia lima tahun itu tidak bagus untuk tumbuh kembang anak. Jadi itu secara tidak langsung menyebabkan anak-anak mengalami kondisi yang terlambat dalam berbicara, karena kurangnya pemahaman tentang apa yang orang tua mereka komunikasikan.

Untuk memancingnya, Anda bisa berbicara lebih lambat kepada anak Anda. Tapi jangan terlalu lambat dan berikan ketegasan dalam setiap kosakata. Anak-anak harus dapat memahami kata-kata yang Anda ucapkan dari awal hingga akhir. Metode ini memungkinkan anak-anak untuk melihat bagaimana orang tua mereka mengekspresikan diri mereka dan kemudian meniru mereka

Selain keempat terapi untuk anak terlambat bicara diatas. Anda juga bisa mengajak anak Anda untuk bermain dengan teman sebayanya. Selain menggunakan metode terapi diatas, Anda juga bisa memberikan anak Anda susu Bebelac yang kaya akan Vitamin D. Sebab, Vitamin D mampu merangsang kemampuan bahasa dan kemampuan otak anak.

Releated

Kurus? Stop Mengeluh! Ini Nutrisi yang Membuat Anak Gemuk

Kurus? Stop Mengeluh! Ini Nutrisi yang Membuat Anak Gemuk

Gemuk umumnya menjadi indikasi anak sehat, meskipun tidak seratus persen. Orang tua kebanyakan akan bahagia jika melihat Anaknya makan dengan lahap daripada yang sulit makan. Pada usia kanak-kanak, makan yang semangat akan membuat pertumbuhan Anak baik. Di sekitar Anda mungkin bisa dilihat ketika Anak sulit makan, kebetulan posturnya juga kecil kurus, terkadang mudah sakit. Namun, […]

shares